Home / Hukum & Kriminal / Walikota Cilegon Angkat Bicara, Terkait Penangkapan Terduga Teroris di Citangkil

Walikota Cilegon Angkat Bicara, Terkait Penangkapan Terduga Teroris di Citangkil


SeputarCilegon.com – Kabar penangkapan seorang terduga teroris di Kota Cilegon yang merupakan warga pendatang asal Kabupaten Batang, Jawa Tengah oleh tim Densus 88 Anti Teror di Kecamatan Citangkil.Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi mengaku masuknya terduga teroris di Kota Cilegon merupakan suatu ancaman yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan masyarakat. “Adanya teroris di Citangkil, berkaitan dengan teroris itu kita serahkan kepihak kepolisian. Agar segera ditindak. Itu sudah menggangu keamanan, apalagi di Cilegon,” Ungkap Iman saat safari ramadhan saat gelaran acara DPC Insa Banten, di The Royale Krakatau, Kota Cilegon, Rabu (7/6/2017).Iman mengaku sebelumnya belum ada warga pendatang maupun asli Kota Cilegon yang terlibat dengan jaringan teroris. Baru kali ini ditemukan. “Selama inikan engga pernah ada sedikit pun soal terorisme,” Tuturnya.Lanjut Iman menghimbau untuk pendataan kepada warga pendatang agar rutin dilakukan oleh aparat setempat. Itu dilakukan untuk menghindari hal serupa masuknya terduga teroris diwilayah Kota Cilegon. “Terutama kepada lurah dan camat harus cukup selektif berkaitan dengan kedatangan warga yang baru. Jika perlu harus ditelusuri dari mana asalnya, dan apa aktifitasnya. Harus dipantau dan diawasi,” Ucapya.Bukan hanya pemerintah dan unsur Kepolisian, Iman juga meminta masyarakat harus berperan aktif untuk menjaga keamanan dilingkungan sekitar. “Tentu kalau dengan kerjasama yang baik dan kewaspadaan masyarakat juga dengan hal-hal seperti itu,” tuturnya.Sebelumnya, Muhammad Khoeron alias Sulis (40) dibekuk oleh tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri di Lingkungan Kubang Lesung Gegunung, RT 01, RW 01, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon, sekira pukul 11.00 WIB siang tadi.

Informasi yang berhasil dihimpun, Sulis merupakan salah satu dari terduga komplotan teroris yang melakukan penembakan kepada Kapolsek di Bima, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2014 lalu. Penangkapan yang berlangsung di sebuah rumah yang tengah tahap pembangunan ini sempat membuat heboh dan menjadi pusat perhatian warga sekitarnya.

Ditempat terpisah, Sementara itu AKBP Raden Romdhon Natakusuma Kapolres Cilegon meminta masyarakat Kota Cilegon untuk tidak resah terkait adanya penangkapan seorang terduga teroris di Lingkungan Kubang Lesung Gegunung, RT 01, RW 01, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil sekitar pukul 11.00 WIB siang tadi.

“Intinya masyarakat jangan sampai panik dan resah. Tapi harus tetap waspada. Jika ada sesuatu yang mencurigakan kita himbau untuk segera melaporkan kepihak yang berwajib seperti polisi dan TNI,” Ungkap Romdhon kepada awak media usai mengisi acara tausiah di Masjid Jami Baitul Khalik, Kecamatan Ciwandan saat tarawih berkunjungnya yang ke-6, Rabu (7/6/2017) malam.

Pasca penangkapan terduga teroris yakni Muhammad Khoeron alias Sulis (40) warga Desa Plelen, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang dibekuk oleh tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri tersebut, Romdhon mengaku penjagaan keamanan akan semakin diperketat dengan meningkatkan peran personilnya dari jajaran intelijen.

“Kalau diwilayah Cilegon hanya satu itu yang diamankan sebagai terduga teroris. Kita pengamanan seperti biasa saja ramadhan saat ini. Untuk masalah pengetatan penjagaan tidak kita tampilkan dalam arti pengamanan terbuka. Tapi pengamanan secara tertutup yang kita tingkatkan,” Ucap Romdhon. (Madsari/SC)