Home / Cilegon / Pabrik PT Indorama Petrochemical diduga Meledak, Hingga PTA Berhamburan

Pabrik PT Indorama Petrochemical diduga Meledak, Hingga PTA Berhamburan



CILEGON (CSC) – PT Indorama Petrochemical di Kecamatan Ciwandan, Jumat (29/12/2017) pagi tadi, dikabarkan mengalami gangguan pada bagian pipa alur produksinya. Akibatnya terjadi insiden menyemburnya bahan kimia jenis purified terephthalic acid (PTA) ke sekitar lokasi pabriknya di Ciwandan.

Bahan kimia berbentuk cairan berwarna putih seperti lem itu juga sempat mengotori jalan raya di depan area pabrik, dan menyebabkan jalan menjadi licin. sejumlah kendaraan yang tepat berada di depan area pabrik juga tertutup oleh cairan putih PTA yang berbau asam itu.

Menurut informasi yang dihimpun, ketika sekira pukul 06.30 WIB saat kebocoran valve PTA (hasil produk ) di area Plant PT.Indorama Petrochemical terjadi dan akibatnya menimbulkan bercak serbuk putih berdampak terhadap karyawan dan warga yang berada dijalan raya lantaran serbuk tersebut terbang ke arah selatan atau jalan raya, Di duga korban yang terkena serbuk sekitar kurang lebih 15 (lima belas) orang.

Namun kondisi tersebut tidak berlangsung lama, dan sudah dapat ditangani dengan baik. Mobil Unit Damkar dari internal pabrik nampak diturunkan untuk menyiramkan air dan membersihkan jalan raya Ciwandan – Anyer yang licin dari cairan kimia.

Sekitar pukul 10.00 WIB, jalanan sudah kembali bersih dari cairan kimia PTA. Nampak aparat Kepolisian dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon sudah berada di lokasi untuk memantau keadaan.

Cairan kimia PTA itu tidak berbahaya menurut info sumber dari management PT. Indorama Petrochemical.(**)

Baca juga

PT. PDSU Undur Pertemuan dengan Warga Tegal Buntu

Seputarcilegon.com – Sengketa Tanah Antara PT Permata Dunia Sukses Utama(PDSU) dengan Masyarakat Tegal Buntu Randakari-Ciwandan …