Home / Cilegon / Kodim 0623 Cilegon Dukung Program Kegiatan Dewan Ketahanan Pangan

Kodim 0623 Cilegon Dukung Program Kegiatan Dewan Ketahanan Pangan

CILEGON (CSC) – Di Bintang Laguna VIP Room Intan Jalan Jendral A. Yani no.23 kedaleman Kecamatan Cibeber Kota cilegon telah dilaksanakan Sidang Dewan Ketahanan Pangan (DKP Kota Cilegon) sekira kurang lebih 50 orang dan bertemakan “Memperkuat Sinergitas Kelembagaan Pangan dan Gizi menuju Ketahanan Pangan masyarakat kota Cilegon,” Kamis (28/12/17).

Dalam kegiatan tersebut hadir Ferlianto (Sekertaris BKP prov. Banten), Munawir Halil (BKP menteri pertanian pusat), Ikhsan Hasibuaan (Kabid Disperindag kota Cilegon), Mayor inf. Dudi Dwiriadi (Kasdim 0623/Clgn), Kpt inf Gatot. W (Pasiter 0623/Clgn), dr. Arriadna ( Kadis Kes kota Cilegon), Andi Affandi (BkP Prov. Banten), Dzikir (Kadis tata kota), Perwakilan Camat se kota Cilegon, Sutardi (DKP kota Cilegon).

Wawan Hermawan (Sekertaris DKP Kota Cilegon) dalam sambutannya mengatakan, Kita sama-sama telah ketahui  pangan dan gizi merupakan kebutuhan pokok, hal ini perlu diperhatikan kebutuhan pangan merupakan kebutuhan umum bagi negara kita, tentunya sumber pangan makan semakin hari semakin terbatas tentunya pemerintah perlunya perhatian khusus tentang pengembangan ketahanan pangan dan gizi, Katanya.

Lebih lanjut, semakin meningkatnya pertambahan penduduk, tentunya pangan dan gizi sebagai prioritas utama guna memenuhi kebutuhan pokok, untuk itu perlunya menciptakan kualitas SDM secara global yang bermuara pada masalah gizi pada usia dini dan pendekatan yang efektif guna memperbaiki status gizi dengan cara pendekatan yang melibatkan berbagai sektor terkait pengembangan ketahanan pangan dan pertanian.

Ketahanan pangan adalah terpenuhinya akan pangan dan gizi bagi negara yg bisa sampai ke perorangan guna memenuhi kebutuhan pokok yg paling utama, baik kabupaten, kota maupun provinsi dan pusat untuk itu perlunya sisnergis DKP pangan kota cilegon dalam pembangunan nasional yang strategis agar bisa merumuskan serta mengawal, implementasikan kebijakan ketahan pangan, Pungkasnya.

Kemudian inti kegiatan dilanjutkan dengan materi, yang di narasumberi oleh :

– Moch. Ali Fadilla (Kadis ketahanan pangan Provinsi Banten) 

Materi : Rapat koordinasi dewan ketahan pangan kota cilegon 2017.
– Munawar Halil M. Si (BKP menteri pertaniaan pusat)

– Materi : Fungsi & Pemanfaatan ketahanan pangan dan gizi.

-Ferlianto S,H,M (Sekertaris BKP prov. Banten)

– Materi : Ketahanan Pangan dan Gizi guna memenuhi SDM Provinsi Banten.

– Beatri noviana SH (Asda II Kota Cilegon) 

– Materi : Memperkuat sinergitas kelembagaan pangan dan gizi menuju ketahan pangan masyarakat kota cilegon.

Ditempat yang sama, Kepala Staff Distrik Militer (Kasdim 0623 Cilegon) Mayor Inf. Dudi Dwiriadi Menyatakan kesiapan untuk menyukseskan program ketahanan pangan khususnya dikota Cilegon, Anggota TNI dalam program ini dilibatkan sebagai tenaga pendamping kelompok tani bahkan sebagai satgas pangan sehingga target yang ditentukan bisa tercapai.

Fungsi TNI sendiri dalam program ketahanan pangan tersebut kata dia, tidak hanya sebatas sebagai pendamping kegiatan dan pengawasan juga dilibatkan untuk memotivasi kalangan petani maupun kelompok tani di daerah itu agar dapat serius mengolah lahan pertanian mereka dengan memanfaatkan berbagai bantuan pemerintah yang akan mereka terima nantinya. 

Kemudian kami libatkan anggota TNI yakni bintara pembina desa (Babinsa) dalam program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah itu sendiri tambah dia, mereka anggap sebagai tanggung jawab selain sebagai alat pertahanan negara dan tidak akan segan-segan mengambil tindakan kepada pihak tertentu yang akan bermain dalam program itu.

“Pelibatan TNI ini nantinya akan ada pihak-pihak tertentu yang khawatir dan merasa dirugikan seperti yang suka mempermainkan harga, yang merugikan pembeli,” ujarnya.(Jhon/M).

Baca juga

PT. PDSU Undur Pertemuan dengan Warga Tegal Buntu

Seputarcilegon.com – Sengketa Tanah Antara PT Permata Dunia Sukses Utama(PDSU) dengan Masyarakat Tegal Buntu Randakari-Ciwandan …