Home / Cilegon / IWAPI Kota Cilegon Berkunjung Ke Pulau Merak Kecil, Wisata Alternatif Di Kota Cilegon Yang Kurang Tertata

IWAPI Kota Cilegon Berkunjung Ke Pulau Merak Kecil, Wisata Alternatif Di Kota Cilegon Yang Kurang Tertata

Pulau Merak Kecil tampak dari       perairan Merak. Pulau ini menjadi alternatif warga untuk menghabiskan libur panjang.

CSC (PULOMERAK) – Permukaan air laut memantulkan warna perak yang berkilatan. Deretan kapal yang beroperasi dari Pulau Merak seolah berkejaran dengan awan yang berarak. Semua pemandangan itu bisa dilihat dari Pulau Merak Kecil yang rimbun oleh pepohonan hijau. Tak banyak yang tahu keberadaan Pulau Merak Kecil ini. Tempat ini kerap menjadi tujuan wisata alternatif, terutama bagi mereka yang sudah bosan dengan suasana pantai di Kawasan Anyer, Kabupaten Serang. 

Saat-saat ingin liburan di beberapa pantai dikota cilegon, kita ketahui bersama bahwa pantai di kota cilegon ini sudah hampir punah, Hanya tinggal Pulau Merak Kecil yang saat ini masih ramai dikunjungi warga Kota Cilegon untuk berwisata, Bagi Anda yang berkunjung di Kawasan Pantai Anyer, tak ada salahnya jika Anda mencoba meneruskan perjalanan Anda ke Pulau Merak Kecil untuk menghabiskan waktu libur di Pulau ini yang berada di Kelurahan Mekar Sari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon. 

Pantai pulau Merak Kecil hanya berjarak 200 meter dari Pantai Mabak (Belakang kantor Polsek Pulomerak). Saat ini, keberadaan Pulau Merak Kecil ini sudah hampir banyak diketahui oleh wisatawan lokal yang berasal dari Kota Cilegon. Minggu (22/10/17), mereka tampak mengantre menggunakan perahu motor kayu milik nelayan sekitar yang bekerjasama dengan pihak pengelola lokal untuk menuju Pulau Merak Kecil. Begitu tiba di pulau seluas 4,6 hektar itu, pengunjung bisa langsung bermain pasir atau mengamati kapal yang lalu lalang sambil menikmati sun set jika pada sore hari. 


Juwati salah seorang warga merak yang sekaligus sebagai ketua DPC Pulomerak Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI Kota Cilegon) beserta rombongan sengaja mengajak untuk berkunjung ke Pulau Merak ini. Saat ditemui wartawan seputarcilegon.com ia mengatakan, dirinya sengaja memilih menghabiskan waktu liburan di pantai atau pulau terdekat yakni Pulau Merak Kecil ini pasalnya pulau tersebut dirasa tidak kalah menarik dengan tempat-tempat wisata pada umumnya yang ada di Pantai Anyer dan pantai lainnya. Selain jaraknya dekat hanya 8 kilometer dari pusat pemerintahan Kota Cilegon, Pulau Merak Kecil ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah,” ungkapnya.

Juwati menambahkan dengan biaya yang cukup relatif murah, para pengunjung bisa mengajak seluruh anggota keluarga menikmati keindahan pulau tersebut. “Untuk menyeberang maupun sebaliknya, harus menggunakan perahu motor milik nelayan yang saat ini bekerjasama dengan pihak pengelola, Untuk biaya cukup dengan harga Rp 10 ribu rupiah pada saat hari biasa dan hari minggu 15 ribu.” 

Selain itu, Juwati sangat mengharapkan bantuan dan partisipasi dari pihak dinas atau instansi terkait lantaran pihak pengelola Pulau Merak sudah pernah mengajukan permohonan terhadap Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Cilegon namun belum terealisasi “belum di acc” sampai saat ini, Dan kalo untuk ditingkat kelurahan setempat sudah kami tempuh, pasalnya supaya Pulau Merak ini bisa lebih diperhatikan dan di tata rapih atau supaya tidak terlihat semrawut atau tak acak-acakan, kami selaku pengelola memohon untuk di berikan fasilitas seperti toilet, kamar mandi untuk bilas serta untuk bisa berganti pakaian para si pengunjung usai mandi di laut Pulau Merak ini, ujarnya.

 

Ditempat yang sama, Ida Fitrida warga jombang kali salah seorang pengunjung di Pantai Mabak, Merak, saat dikonfirmasi mengatakan, musim liburan seperti saat ini, lda merasa senang berkunjung ke pulau merak, pasalnya ia baru hari kali ini berkunjung ke pulau merak ini, namun sayang seribu sayang lokasi pulau ini sangat memprihatinkan dan lantaran sepertinya Pulau Merak ini kurang begitu diperhatikan oleh instansi dinas terkait, jadi pulau ini terlihat agak semrawut atau kurang tertata rapih gitu lah dan fasilitas pun sangat kurang memadai, katanya singkat. 

“Nah, bagi Anda yang penasaran dengan eksotisme Pulau Merak Kecil, segeralah berkunjung. Pulau ini dijamin bisa menjadi tempat untuk melepas penat dari rutinitas yang padat.”(Madsari)

Baca juga

PT. PDSU Undur Pertemuan dengan Warga Tegal Buntu

Seputarcilegon.com – Sengketa Tanah Antara PT Permata Dunia Sukses Utama(PDSU) dengan Masyarakat Tegal Buntu Randakari-Ciwandan …