Home / Cilegon / Dukungan Penuh Kodim 0623/Cilegon Terhadap Pelaksanaan Vaksinasi Difteri di Puskesmas Cibeber dan Sinergi Dengan Kadiskes Pemkot Cilegon

Dukungan Penuh Kodim 0623/Cilegon Terhadap Pelaksanaan Vaksinasi Difteri di Puskesmas Cibeber dan Sinergi Dengan Kadiskes Pemkot Cilegon




CILEGON (CSC) – Kunjungan Dandim 0623/Cilegon ke Puskesmas Cibeber Jalan Komplek Pondok Cilegon Indah Blok. D Kota Cilegon, Rabu (3/1/18).

Vaksinasi Difteri untuk masyarakat khususnya anak-anak merupakan langkah terbaik dalam antisipasi aktif terhadap masa depan bangsa melalui peningkatan kualitas kesahatan generasi penerus bangsa (anak-anak)  dimana Kodim 0623/Clg & Dinas Kesehatan Kota Cilegon bersinergi dalam memberantas tuntas meluasnya wabah Difteri di wilayah Kota Cilegon. 

Pelaksanaan Vaksinasi tersebut dilaksanakan pada pukul 08.00 wib di Puskesmas Cibeber Cilegon dimana turut hadir Letkol Inf Donny pramono, SE (Dandim 0623/Cilegon), Kapten Inf Gatot W. (Pasiter Kodim 0623/Cilegon), dr. Arriadna (Kadis kesehatan Pemkot kota Cilegon), dr.Diah Sulistyowati (Kapuskesmas kecamatan Cibeber), dr. Arif Dharma (Dokter Koordinator Puskesmas Cibeber).

Adapun metoda Vaksinasi Difteri menitikberatkan pada pemberian vaksin TD dan DT kepada putra-putri warga cibeber cilegon dengan harapan agar tidak ada lagi korban Difteri di masyarakat cibeber khususnya dan Cilegon umumnya sehingga anak-anak cilegon yang merupakan generasi penerus bangsa dapat berkembang dengan kualitas kesehatan yang baik. 

Kemudian di sela kegiatan,  Dandim 0623/Cilegon Letkol Inf. Donny Pramono SE menyampaikan, kegiatan ini merupakan kewajiban & tanggung jawab kita bersama sebagai bentuk pengabdian terhadap Bangsa & negara melalui peningkatan tingkat kesahatan masyarakat terutama putra-putri anak bangsa serta masyarakat pada umumnya selain itu bagi Kodim 0623/Clg,  hal ini merupakan perintah dari satuan atas untuk membantu pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan dalam mengecek pelaksanaan Vaksin Difteri kepada masyarakat sampai ke tingkat bawah dan menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti kegiatan ini sesuai dengan apa yg telah dianjurkan pemerintah untuk kepentingan kita bersama. Pungkasnya.

Penyakit Difteri ini sudah mulai mewabah di DKI Jakarta dimana sudah menjadi KLB ( Kejadian Luar Biasa) dan kota tanggerang dimana telah memakan korban jiwa dimana penularanya melalui udara & dipengaruhi oleh pola hidup yang kurang sehat,  kita mengharapkan dengan adanya Vaksinasi Difteri ini dapat mencegah meluasnya  penyakit Difteri di kota Cilegon dan meminimalisir Korban akibat penyakit tersebut, Harapnya.

Kadis kesehatan kota Cilegon dr. Arriadna juga menyatakan, ditahun 2018 perlu adanya langkah cepat dalam antisipasi berkembangnya penyakit Difteri di wilayah Kota Cilegon sehingga selain mengembangkan fungsi optimalisasi puskesmas, sangat perlu adanya kesadaran masyarakat untuk mengantisipasi munculnya penyakit Difteri berikut penularannya serta mengencarkan program program imunisasi secara dini untuk anak-anak & balita,  Ujarnya. 

Selanjutnya dalam optimalisasi antisipasi penularan Difteri akan dilaksanakan Program Imunisasi & Vaksinasi Difteri secara Mobile dalam arti Fungsi Tim Kesehatan akan melaksanakan kunjungan ke sekolah-sekolah,  pesantren-pesantren, Paud, panti asuhan dan tempat lainnya yang memungkinkan terjadinya penularan Difteri,  sehingga di himbau agar masyarakat untuk tidak takut akan kinerja tim kesehatan mobile tersebut. Sehubungan hal tersebut maka perlu dukungan dari berbagai pihak dan instansi terkait dalam pemberantasan Difteri dengan keterpaduan aksi di lapangan secara aktif dan akurat. 

Dan perlu diketahui, rencananya Dandim 0623/Cilegon dan Kadiskes kota Cilegon akan melaksanakan monitoring secara terus menerus dan aksi berkala dengan pelaksanaan Vaksinasi Difteri di tiap-tiap kecamatan termasuk sekolah-sekolah,  pesantren-pesantren, Paud, panti asuhan dan tempat lainnya di seluruh wilayah kota Cilegon dalam rangka upaya pemberantasan Difteri untuk anak bangsa.(Dam_Iraz/M)

Baca juga

Warga Ciwandan Sikapi Polusi Udara Dari Industri

Cilegon – Pertumbuhan industri di kecamatan Ciwandan, selain membawa dampak posivif bagi masyarakat, akan tetapi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *