Home / Cilegon / Dalam Seminar Bela Negara, LSM Senkom Diberi Wejangan

Dalam Seminar Bela Negara, LSM Senkom Diberi Wejangan

CILEGON (CSC) – Di gedung Auditorium  Sekda Kota Cilegon Jenderal Sudirman kelurahan Ramanuju Kecamatan Purwakarta kota Cilegon telah dilaksanakan kegiatan Seminar bela negara yang bertemakan “Pembinaan kesadaran bela negara dalam rangka membangun karakter bangsa.”

Dalam seminar kegiatan dihadiri Mayor Inf Dudi dwiriadi (Kasdim 0623/Cilegon), Kompol. Dhani Gumelar (Wakapolres Cilegon), H. Rudi darmawan (Kabid Orsospol kesbangpol Kota Cilegon), H. Apuh (Ketua pelaksana BPBD Kota Cilegon), H. Mishari (ketua Senkom mitra Polri kota Cilegon).

Ketua Senkom mitra Polri Kota Cilegon Mishari menyampaikan, Senkom mitra polri dan salah satu kelompok masyarakat yang sadar dengan kamtibmas bekerja sama Polri.

Kemudian dengan diadakannya seminar ini agar Senkom mitra Polri Menjadi organisasi yang handal dan profesional guna membantu pemerintah dalam menciptakan suasana yang damai dan tentram.

“Senkom mitra Polri Pembina terdiri dari segala unsur purnawirawan TNI dan Polri, Organisasi Senkom bertujuan untuk menciptakan Kamtibmas, membantu penanggulangan bencana apabila ada bencana alam, memberikan kontribusi pemahaman kepada masyarakat luas terutama dikota Cilegon akan sadar bela negara.” terangnya.

Rudi darmawan (Kabid orsospol Kesbangpol Kota Cilegon) menerangkan dalam sambutan, Senkom Kota Cilegon ini kami nilai sangat bagus pasalnya salah satu LSM yang peduli terhadap ketertiban dan keamanan dalam setiap kegiatan selalu ada, baik itu kegiatan upacara maupun dalam membantu penanggulangan bencana,Ujarnya.

“Semoga kedepannya dapat tambah lebih lagi, semoga kesbangpol dapat menambah anggaran biaya guna Senkom,”Pintanya.

Wakapolres Kota Cilegon Andi Gumelar membuka acara kegiatan seminar bela negara dan sekaligus menyatakan, mohon maaf terkait kapolres Cilegon tidak bisa hadir lantaran ada kegiatan di pelabuhan merak yang mana tadi malam terjadi kemacetan di pelabuhan merak karena semalam merupakan puncak arus mudik dalam merayakan Natal, Allhamdullilah itu bisa di atasi dan terurai. Katanya.

Senkom adalah kelompok masyarkat mitra Polri yang berperan dalam membantu memberikan informasi kepada kepolisian lalu Senkom dapat dirasakan keberadaannya pasalnya setiap kegiatan selalu ada, baik itu kegiatan upacara maupun dalam membantu menanggulani bencana.

Tugas polisi adalah pengamanan, maka jadikanlah diri kita sendiri sebagai polisi dalam setiap kegiatan sehari hari. Program ini di tujukan untuk mendekatkan diri dengan masyarakat agar dapat membantu tugas polisi dalam meningkatkan kamtibmas, Imbaunya.

Kompol Andi berharap LSM senkom bisa menjadi sebagai penghubung atau sebagai komunikator dengan masyarakat. Kami menyelenggarakan kegiatan ini bukan hanya sekedar pencitraan tetapi tujuannya agar dekat dengan masyarakat dan informasi selalu mengalir. Senkom dalam kegiatan sehari-harinya harus dapat melakukan pemantauan cuaca, lalu lintas, kamtibmas dengan segala peralatan yang ada, Harapnya.

Dalam materi Bela Negara Kasdim 0623/Cilegon Mayor Inf. Dudi Dwiriadi menuturkan,  dalam wujud kesiapan bela negara adalah kerelaan Warga Negara guna membela negara, demi mewujudkan jiwa tersebut diperlukan kesadaran yang tidak hanya lahir dari kesadaran individu tetapi juga kesadaran secara kolektif serta dengan kesadaran akan muncul bila ada partisipasi aktif dari pemerintah dalam hal ini Kemhan leading sektor pembina komponen Hanneg.

Untuk itu, libatkan masyarakat dan pemuda secara langsung dalam bela negara non berarti berperang dengan angkat senjata namun berpartisipasi secara aktif berperang dengan Iptek. Negara dipersatukan dg imperialisme sbg Common Enemy, Tuturnya.

Kemudian negara dipersatukan dengan komunisme sebagai Common Enemy dan Orde baru dijadikan Common Enemy. Kesadaran bisau berkembang  apabila dapat menumbuhkan rasa senasib dan sepenanggungan serta Implementasi nilai nilai bela negara, Resimen mahasiswa adalah salah satu implementasi nyata penyelenggaraan bela negara dan Komponen komponen pertahanan militer sebagai berikut :

1). Utama.

2). Pendukung.

3). Cadangan.

Materi Bela negara selanjutnya Ayatullah (kesbangpol kota Clg), menjelaskan bela negara adalah sikap, tekad dan juga perilaku warga negara yang dilakukan secara menyeluruh, teratur serta terpadu dan juga dijiwai oleh kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, Jelasnya.

Tujuan Bela Negara yang pertama Menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 dan Menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara serta Melestarikan budaya.(Jhon/M)

Baca juga

PT. PDSU Undur Pertemuan dengan Warga Tegal Buntu

Seputarcilegon.com – Sengketa Tanah Antara PT Permata Dunia Sukses Utama(PDSU) dengan Masyarakat Tegal Buntu Randakari-Ciwandan …