Home / Berita Utama / Wartawan Sebagai Aktor Informasi Publik. – Hari Pers Sedunia

Wartawan Sebagai Aktor Informasi Publik. – Hari Pers Sedunia


SeputarCilegon.com – “kepada kita semua atas acara ini dan berterima kasih karena Indonesia menjadi tempat untuk memperingati Hari Pers Sedunia yang berarti mengukuhkan negara kita akan pentingnya menjaga kebebasan pers yang baik untuk kebaikan negara”, Kebebasan pers menimbulkan konsekuensi bahwa tanggung jawab bukan lagi pada ‘censorship’, tapi pada kredibilitas internal media dan masyarakat,” Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka peringatan Hari Pers Sedunia 2017 yang diselenggarakan Badan Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO) di Balai Sidang Jakarta (JCC), Rabu (3/5/2017).

Kewajiban para jurnalis adalah menyampaikan kebenaran, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi yang mereka butuhkan untuk berdaulat. Sebagai bentuk “kebenaran jurnalistik” yang ingin dicapai ini bukan sekadar akurasi, namun merupakan bentuk kebenaran yang praktis dan fungsional. 

Sosok pencari berita, penulis dan pemberi informasi. adalah suatu profesi yang tidak boleh dianggap mudah dan memliki resiko, sebagai corong masyarakat dalam menyuarakan aspirasi dan fakta kebenaran, tantangan itu antara lain adanya perilaku pejabat yang masih suka tertutup atau alergi dikritik, sehingga wartawan kesulitan menggali informasi sedalam-dalamnya. Peranan pers sangat diharapkan oleh masyarakat untuk mengubah perilaku negatif tersebut melalui tulisan-tulisannya, agar pelayanan publik yang diberikan instansi pemerintah bisa berjalan optimal. Yang tentunya memiliki objektivitas yang tinggi, dengan tetap menjunjung tinggi etika jurnalistik dan budaya .

Bagi masyarakat, pers memiliki pengaruh yang sangat besar dan memliki pengaruh, karena persepsi tentang peran yang dimainkan media atau pers yang berkaitan dengan perkembangan kehidupan social, ekonomi dan juga politik masyarakat. Sudah seharusnya media atau pers membawa pengaruh yang mengarah kepada hal-hal yang positif, bermanfaat, dan yang pasti berguna untuk masyarakat.

Wapres menyoroti pentingnya media sebagai pilar ketiga demokrasi yang dapat memberikan kritik dan bersikap kritis kepada pemerintah. “Negara tanpa pandangan kritis tidak dapat menjalankan misi untuk menyejahterakan rakyat, dan menjalankan negara yang baik dan adil,” Dengan pesan Wakil Presiden Yusuf Kalla tentu menjadi harapan kita semua agar para Penguasa Daerah, Pejabat Daerah menjadikan Media menjadi bagian dari pemerintah. Pers dengan dinamikanya tentu selalu mengingatkan pemerintah, pemerintah mengingatkan pers. Itulah dinamika kehidupan bernegara.
(SCO)

Baca juga

Proyek Pembangunan Gedung BPBD Di Kebut

Seputarcilegon.com – Proyek Pembangunan Gedung BPBD di Lingkungan Kel-Sukmajaya Kec-Jombang yang di Biayai Oleh Anggaran …