Home / Berita Utama / Terkait Program Berbasis IT, Panwaslu Kota Cilegon Gelar Bimtek Bagi Pengawas TPS

Terkait Program Berbasis IT, Panwaslu Kota Cilegon Gelar Bimtek Bagi Pengawas TPS


SeputarCilegon.com – Menyusul telah dituntaskannya pembentukkan Panitia Pengawas (Panwas) Tempat Pemungutan Suara (TPS), Panwaslu Kota Cilegon pada Sabtu akhir ini (10/2/17) langsung melanjutkan agenda bimbingan teknik (Bimtek) persiapan Menjelang hari tenang dan hari H, Bimtek tersebut menyangkut Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Rekapitluasi Hasil Penghitungan Suara yang digelar di Aula Kecamatan Cibeber, turut dihadiri sejumlah personil Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Cilegon.

Salah satunya Komisioner Panwaslu Cilegon, Suwardi Ketua Divisi SDM & Umum, Siswandi Ketua Divisi Pencegahan dan hubungan antar lembaga serta hadir pula Sihabudin (Ketua Panwaslu Cilegon) saat sihabudin memberikan arahan dan menegaskan, tiga tahapan yang harus dilalui Panwaslu Kota, Panwas Kecamatan, Panwas Lapangan serta Pengawas TPS, yakni menjadikan pemilu yang berintegritas dan berkualitas serta melakukan tugas pengawasan dengan metode definisi pengawasan pasangan calon, tim kampanye dan KPUD sampai KPPS.

Ia juga mengingatkan peserta bimtek dalam melakuksanakan pengawasan, tidak serta merta harus berjibaku, sebab definisi pengawasan yang dianut Panwaslu berupa mengamati, dimana panwas ditugaskan untuk mengamati setiap kegiatan yang dilakukan pasangan calon (paslon) dan tim kampanye serta KPUD dan bersama jajarannya. ”Saya juga meningatkan kepada semua personil Pengawas TPS untuk wajib bersikap netral dan dilarang menggambarkan tentang pasangan calon apalagi memakai baju dengan simbol warna dari salah satu pasangan calon, dan didalam materinya beliau juga menyampaikan kepada seluruh peserta panwascam, PPL & perwakilan dari Pengawas TPS se kota cilegon pasalnya bimtek bagi Pengawas TPS ini berbasis informasi teknologi (IT), sehingga pengawas TPS harus memahami teknologi dalam melaksanakan tugas lapangan.

Dijelaskan pula, materi yang diberikan Panwaslu kepada peserta bimtek, yang tugas pengawas juga dihimbau menggunakan metode ambil gambar melalui video yakni apa, siapa, dimana, bagaimana dan mengapa. ”Karena bimtek ini berbasis IT, dengan sendirinya Pengawas TPS harus memahami tekhnologi seperti pembuatan akun untuk masing-masing pengawas caranya ke menu pengaturan lalu akan muncul “tambah akun” lalu setelah membuat akun tinggal ke google drive.

Kemudian silahkan kepada pengawas TPS bisa gunakan metode tersebut saat melaksanakan tugas dilapangan” Pihak panwaslu kota akan melayangkan surat edaran terhadap KPUD Cilegon untuk memberikan waktu ruang kepada pengawas TPS, ujar Siswandi menambahkan, perlu diketahui bahwa bimtek diikuti 8 pengawas TPS dan 43 pengawas lapangan dan kurang lebih 8 panwascam “Se kota cilegon dan perwakilan dari peserta hadir”. (Madsari/Red).

Baca juga

Plt. Walikota Cilegon Hadir Di Acara Pembukaan Turnamen Sepak Bola Liga Pekaulan Ke-17 Tahun 2017.

CSC (GEROGOL) –  Berlangsungnya acara Pembukaan Turnamen Sepak bola liga pekaulan ke-XVII Tahun 2017 dibuka …