Home / Berita Utama / Sejarah Batu Nyodong Gerem

Sejarah Batu Nyodong Gerem

SEJARAH, Lingkungan batu nyodong Rt 05 Rw 08 kelurahan gerem kecematan gerogol, terdapat sebuah batu besar dengan diameter batu kisaran 4 meter lebih yang berada di belakang pemukiman warga, tepatnya dibelakan rumah Hujaini, menjadi sejarah sebuah nama lingkungan tersebut.
Menurut ketua Rt 05 Rw 01 lingkungan batu nyodong, Mastur menceritakan batu tersebut sudah ada sejak jaman dahulu, dinamakan batu nyodong karna bentuknya yang seperti kapal, dan warga sejak jaman dulu karna bentuknya sehingga dinamakan batu nyodong.

“Dahulu batu ini selalu di jadikan tempat berteduh, bagi pengembala dan hewan ternaknya,”Katanya

Mastur, menjelaskan ke-unikan batu nyodong ini jika ada yang ingin membelah batu tersebut, batu itu yang mundur, sementara pahat nya atau alat untuk membelahnya akan rusak.

“Untuk membelahnya warga mesti melakukan selametan ke agamaan, seperti halnya, karna akan dijadikan rumah warga batu ini telah dipotong sedikit dengan prosesi selamatan tersebut,”Jelaenya.

Diceritakan oleh tokoh masyarakat, Samtani, dilingkungan batu nyodong sejak dulu terdapat sebuah pesantren yang merupakan cikal bakalnya para santri dan ustad di gerem.

“Pesantren ki asmat yang berada didekat area batu nyodong dahulu dan hingga kini merupakan tempat belajar ngaji warga gerem,”Ceritanya.

Batu nyodong ini ada dua yang jaraknya tidak berkauhan dari batu nyodong pertama, batu nyodong ke dua disebut anak batu nyodong tetapi ukurannya lebih besar dari yang pertama.(red)

Baca juga

Plt. Walikota Cilegon Hadir Di Acara Pembukaan Turnamen Sepak Bola Liga Pekaulan Ke-17 Tahun 2017.

CSC (GEROGOL) –  Berlangsungnya acara Pembukaan Turnamen Sepak bola liga pekaulan ke-XVII Tahun 2017 dibuka …