Home / Berita Utama / Rapat Koordinasi Persiapan Sentral Gakkumdu Pilgub 2017 di Hotel Cilegon City

Rapat Koordinasi Persiapan Sentral Gakkumdu Pilgub 2017 di Hotel Cilegon City


SeputarCilegon.com – Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cilegon menggandeng pihak kepolisian dan kejaksaan untuk memproses tindak pelanggaranan pidana pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Delapan Kecamatan. Ketua Panwaslu Kota Cilegon Sihabudin, mengatakan amanah undang-undang terkait penanganan tindak pidana yang terjadi saat Pemilu.

Maka pihak Panwaslu menggandeng Kepolisian dan Kejaksaan sebagai mitra dengan wadah yang disebut Sentral Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu). “Jadi ini memang mutlak harus dilakukan oleh pengawas pemilu melalui koordinasi lembaga yang terkait,” katanya seusai menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Sentral Gakkumdu pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur 2017 di Hotel City Cilegon Kamis (9/2/2017).

Beliau juga menjelaskan pentingnya melalukan koordinasi tersebut agar tindak pidana pemilu proses penanganannya bisa terselesaikan dengan cepat yakni kurang lebih 1×24 jam (sehari) dipengawas pemilu, 14 hari di penyidik, 3 hari di jaksa, dan 5 hari di pengadilan. “Jadi limitasi waktu tersebut harus dimaksimalkan dengan cara forum koordinasi untuk menyamakan persepsi antara panitia pengawas, polisi dan jaksa agar ego sentralnya bisa diredam. Sehingga proses penanganannya bisa efektif, efesien, sederhana, cepat dan tepat,” katanya.

Kemudian juga ia mengatakan salah satu problem dalam penegakan hukum untuk melakukan penindakan khususnya pidana ialah terkait pengumpulan alat bukti. Ia juga mengatakan pihak penyidik bisa melakukan penggeledahan, penyitaan, pengumpulan barang bukti untuk keperluan penyidikan sejak laporan tersebut diterima tanpa harus izin melalui pengadilan negeri. “Sementara itu, dari pihak Polres Cilegon yang diwakili oleh Kasat Reskrim Rizky Salatun pada intinya mengatakan pihaknya menjamin bahwa Pilgub 2017 di delapan kecamatan akan berjalan dengan lancar aman terkendali dan tercipta situasi yang kondusif. “Kita jamin keamanan bisa kita kendalikan.

Setiap ada gangguan keamanan yang ada kita usahakan langsung segera kita tangani. Kita juga sudah siapkan pasukan dari jajaran Polres dan Polsek se cilegon untuk masing-masing pengamanan di TPS Sekaligus untuk melakukan pengawalan Pilgub 2017. Polres Cilegon juga akan segera membackupnya,” tutupnya. (Madsari/Red)

Baca juga

Proyek Pembangunan Gedung BPBD Di Kebut

Seputarcilegon.com – Proyek Pembangunan Gedung BPBD di Lingkungan Kel-Sukmajaya Kec-Jombang yang di Biayai Oleh Anggaran …