Home / Berita Utama / Panwaslu Kota Cilegon Gelar Rakernis Terhadap Pengawas TPS Dibintang Laguna

Panwaslu Kota Cilegon Gelar Rakernis Terhadap Pengawas TPS Dibintang Laguna


SeputarCilegon.com – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Cilegon menggelar Rapat Kerja Teknis Penyelenggaraan Pengawasan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten di Room Intan Bintang Laguna kota cilegon provinsi banten, selasa (31/01/17) yang diikuti oleh 78 Peserta Pengawas TPS kecamatan Cibeber.

Dalam sambutannya, Komisioner Ketua Divisi SDM Kota Cilegon Suwardi menyampaikan dalam materinya bahwa Rakernis yang diselenggarakan secara bertahap ini bertujuan untuk penguatan kapasitas pengawas pemilu di tingkat kecamatan dalam hal pelaporan dalam bentuk alat kerja. “Kerja pengawas pemilu, selain menguasai UU Pemilu serta tahapan-tahapan dan proses. Pengawas TPS juga harus mampu membuat laporan dalam alat kerja dan menyampaikan laporan secara berjenjang” ucapnya. Ditempat yang sama Divisi pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslu Kota Cilegon Siswandi menyampaikan bahwa Rakernis ini merupakan dokumentasi kinerja pengawas pemilu secara berjenjang.

Dia menekankan bahwa instrumen pengawasan dalam alat kerja harus berdasarkan fakta dan data di lapangan. Selain itu efisiensi waktu dalam pelaporan harus sesuai dengan jadwal pengawasan. “Instrumen alat kerja pengawas pemilu secara berjenjang haruslah terdokumentasi berdasarkan fakta dan data dan laporan disampaikan sesuai tahapan.

Kemudian disampaikan kepada jenjang diatasnya paling lambat 1 hari setelah laporan diterima dari jenjang dibawahnya “Pasca rekrutmen pengawas TPS se kecamatan (Panwascam), Panwaslu Kota Cilegon menekankan bahwa proses dan hasil rekrutmen menjadi kunci suksesnya pengawasan pemilu, begitupun pengawas secara benjenjang hingga Pengawas TPS. Panwascam diminta melakukan screening ketat terhadap anggota pengawas TPS dengan tujuan agar Pengawas TPS tidak menjadi kumpulan orang-orang bermasalah karena akan menyulitkan pada saat pelaporan dan pengawasan di lapangan.

Siswandi selaku komisioner yang membidangi Divisi Pencegahan dan hubungan antar lembaga Panwaslu Kota Cilegon menanggapi positif terhadap kegiatan ini, ia menilai bahwa kinerja dalam setiap pengawasan harus terdokumentasi dengan baik. “Kami di Panwaslu Cilegon siap mengawasi penyelenggaraan Pilgub Banten 2017 pada 15 februari mendatang dengan berdasarkan tata aturan yang berlaku sesuai UU No.10 tahun 2016 Tentang Pilkada, UU No.11 tahun 2016 Tentang Pemungutan dan UU No.12 Tentang Rekapitulasi, karena tentunya lembaga pengawas ini sifatnya berjenjang, kami akan selalu berkoordinasi dengan jajaran di Bawaslu Provinsi dalam hal pengawasan Pemilu. Tak kalah penting lagi, dokumentasi pengawasan harus valid berdasarkan fakta dan data sehingga dalam laporan yang disampaikan pengawas TPS dapat dipertanggung jawabkan dengan baik dan benar”, Tuturnya. (Madsari/Red)

Baca juga

Proyek Pembangunan Gedung BPBD Di Kebut

Seputarcilegon.com – Proyek Pembangunan Gedung BPBD di Lingkungan Kel-Sukmajaya Kec-Jombang yang di Biayai Oleh Anggaran …