Home / Berita Utama / Demi Meningkatkan Profesionalisme Kewartawanan, PWI Cilegon Gelar Kegiatan UKW

Demi Meningkatkan Profesionalisme Kewartawanan, PWI Cilegon Gelar Kegiatan UKW


SeputarCilegon.com – Dalam rangka meningkatkan kompetensi wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Cilegon gelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang bertema “Berita Anti Hoax”. Kegiatan UKW dilaksanakan pada kamis (17/3/2017) selama dua hari yakni tanggal 16 & 17 Maret 2017 di Hotel The Royale Krakatau.

Ketua PWI Cilegon sekaligus sebagai pelaksana kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Henny Murniati menuturkan, pelaksanaan UKW adalah rangkaian kegiatan yang wajib dilaksanakan untuk memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di Ambon, Maluku beberapa waktu lalu.

Dalam Sambutannya, “Menjadi seorang journalist merupakan hak asasi seluruh warga negara, tetapi bukan berarti setiap warga negara bisa melakukan pekerjaan kewartawanan. Ada ketentuan dan alat ukur yang perlu dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan profesi tersebut. Maka dari itu pelaksanaan UKW merupakan hal penting yang menjadi salah satu syarat untuk mengukur dan meningkatkan kompetensi seorang kewartawanan sesuai dengan profesinya,”

Dalam pelaksanaan tersebut, tercatat sebanyak 26 peserta baik dari tingkat muda, madya dan utama ikut serta untuk mengikuti UKW.

“Peserta dalam UKW ini ada 26 peserta. 15 peserta untuk tingkat muda, 4 tingkat madya dan 7 peserta untuk tingkat utama,” terangnya.

Sementara itu, Ketua PWI Banten Firdaus dalam sambutannya menyampaikan, pelaksanaan UKW merupakan model pelatihan dan pembinaan bagi para wartawan agar dapat menjadi wartawan yang berkompeten dan profesional yang diharapkan mampu melahirkan wartawan yang memiliki keunggulan dan karakter yang lebih baik dari sebelumnya.

“Dengan kompetensi itu dapat dilihat kemampuan yang menggambarkan tingkatan khusus menyangkut kesadaran, pengetahuan dan keterampilan seorang wartawan. Sebagaimana sudah sering diungkapkan, bahwa wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik, berupa mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi,” ungkapnya.

Hal senada diungkapkan Kamsul Hasan selaku perwakilan PWI Pusat dan beliau juga salah satu penguji untuk tingkat madya.

“Penyiaran informasi dilaksanakan dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik. Bisanya juga dalam bentuk lain yang menggunakan media cetak, media elektronik, multi media dan segala jenis saluran lainnya. Dengan kata lain, pengertian kompetensi wartawan adalah kemampuan untuk memahami, menguasai dan menegakkan profesi jurnalistik atau kewartawanan, serta kewenangan untuk menentukan sesuatu di bidang kewartawanan. Hal itu menyangkut kesadaran, pengetahuan dan keterampilan. Melalui UKW itu akan diperoleh rumusan kemampuan kerja wartawan yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, keahlian dan sikap kerja yang terkait dengan pelaksanaan tugas kejournalistikan itu sendiri,” Ucapnya.

Ditempat yang sama, Asisten  Sekretaris Daerah (Asda) I Kota Cilegon Taufiqurrohman berharap dengan dilaksanakannya UKW ini, wartawan yang melakukan tugas peliputannya di Kota Cilegon bisa terus meningkatkan kualitas dan profesionalitas kewartawanan.

Lanjutnya, “Dengan adanya UKW ini, diharapkan teman-teman wartawan dapat menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi khusus penghasil karya intelektual. Selain itu untuk menghindari penyalahgunaan profesi wartawan, serta menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers. Pelaksanaan UKW merupakan hal wajib yang harus diikuti oleh setiap wartawan. Karena dengan adanya hal seperti ini Pemkot Cilegon merasa terbantu untuk dapat melakukan verifikasi terhadap wartawan-wartawan yang melakukan peliputan di wilayah Kota Cilegon,” Tandasnya. (Madsari/Red)

Baca juga

Plt. Walikota Cilegon Hadir Di Acara Pembukaan Turnamen Sepak Bola Liga Pekaulan Ke-17 Tahun 2017.

CSC (GEROGOL) –  Berlangsungnya acara Pembukaan Turnamen Sepak bola liga pekaulan ke-XVII Tahun 2017 dibuka …