Home / Berita Utama / Cagub-Cawagub Kembali Duel Dalam Aksi Debat Pilgub Banten 2017 Putaran Ke III, Di Grand Krakatau The Royal Cilegon

Cagub-Cawagub Kembali Duel Dalam Aksi Debat Pilgub Banten 2017 Putaran Ke III, Di Grand Krakatau The Royal Cilegon


SeputarCilegon.com – Dua pasangan calon ‘jawara’ Banten akan duel adu aksi gagasan hari ini. Mereka akan mengadu gagasan dalam debat putaran ketiga yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten. Debat putaran ketiga ini akan digelar di Hotel Grand The Royal Krakatau, Cilegon, Banten, Kamis (9/2/17).

Debat akan disiarkan langsung di TVRI pada pukul 20.00 WIB. Debat putaran terakhir ini akan mengambil topik ‘Sinergitas Pembangunan Kabupaten, Kota dalam Bingkai NKRI dan Perlindungan Anak’. Berdasarkan evaluasi sebelumnya, KPU Banten akan mengubah beberapa mekanisme untuk debat kali ini. “Kita bagi menjadi 5 segmen, tapi saling berdebat setiap segmen. Saling berdebat antar-cagub dan cawagub. Setiap cagub-cawagub nanti ada ruang untuk mengeksplor visi-misi,” kata Komisioner KPU Banten Syaiful Bahri. “Sekarang sesi tanggapan satu menit.

Kalau terlalu lama malah ke mana-ke mana. Segmen terakhir akan ada pengucapan ikrar siap menang, siap kalah,” imbuhnya. Debat ketiga kali ini akan dipimpin satu host yang merangkap sebagai moderator. Debat ketiga cagub-cawagub Banten ini akan dipimpin langsung presenter dari TVRI. “Moderator Wardah Niah. Tetap pakai moderator hanya pertanyaan dari tim pakar saja,” jelas Syaiful.

Selain itu, KPU menambahkan jatah tim kampanye menjadi 150 orang dari masing-masing calon. Pada debat sebelumnya, KPU hanya membatasi 120 orang yang dibolehkan masuk ke ruangan. “Evaluasi kemarin ada atribut ke studio nanti kita langsung keluarin.

Pertama, mohon maaf akan kita geledah dulu. Kita sepakat ada pemeriksaan barang bawaan. Jadi kalau ditemukan, tidak boleh masuk,” ungkap Syaiful. “Kita juga sudah menyepakati siapa yang bikin gaduh di dalam langsung dikeluarkan,” tegasnya. Setelah debat putaran akhir, Pilgub Banten akan memasuki masa tenang pada 12-14 Februari 2017. Pemungutan dan penghitungan suara akan berlangsung pada 15 Februari 2017. Rekapitulasi suara akan dilakukan mulai 16 sampai 27 Februari 2017. Seperti diketahui, ada dua pasangan calon dalam Pilgub Banten 2017 ini.

Pasangan nomor urut 1adalah Wahidin Halim-Andika Hazrumy, yang didukung 7 partai, yakni Demokrat, Golkar, PKS, PAN, PKB, Gerindra, dan Hanura. Sedangkan pasangan nomor urut 2 adalah cagub petahana Rano Karno, yang berduet dengan cawagub Embay Mulya Syarif, yang didukung 3 partai, yakni PDIP, PPP, dan NasDem. (Madsari/Red)

Baca juga

Proyek Pembangunan Gedung BPBD Di Kebut

Seputarcilegon.com – Proyek Pembangunan Gedung BPBD di Lingkungan Kel-Sukmajaya Kec-Jombang yang di Biayai Oleh Anggaran …