Home / Berita Utama / BPBD Kota Cilegon Gelar Penyuluhan Dan Bintek 2016 Dihotel Mambruk Anyer

BPBD Kota Cilegon Gelar Penyuluhan Dan Bintek 2016 Dihotel Mambruk Anyer


SeputarCilegon.com – Wakil walikota edi ariyadi membuka acara bintek penyelamatan Korban (RESCUE) bencana bagi petugas BPBD kota cilegon kamis (3/11) mambruk anyer kegiatan bintek agendanya hanya dua hari dan harapan kegiatan ini dapat menjadi sebuah langkah positif dalam rangka menciptakan kota cilegon yang tangguh dalam menghadapi bencana.

Dalam sambutannya wakil walikota cilegon edi ariyadi bahwa indonesia sebagai negara kepulauan yang secara geografis berada pada cincin api (ring of fire) dan letak geomorflogis wilayah indonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng benua, yaitu indo-asustralian-plate, eurasia plate, dan pacifik plate menjadikan negara ini rentan terjadinya bencana. Ditambah lagi adanya global warming atau pemanasan global yang saat ini mempengaruhi dunia juga telah menyebabkan bencana yang awalnya relatif mudah diprediksi, sekarang menjadi semakin sulit diprediksi. Kondisi ini tentunya juga terjadi di kota cilegon sebagai daerah yang memiliki kelas resiko bencana yang tinggi dengan skor 182 (data IRBI BNPB 2013).

Kita semua memahami bahwa bencana dapat datang kapan saja, dimana saja dan dapat menimpa siapa saja, serta mempunyai efek yang sama yaitu penderitaan bagi manusia. Untuk mengurangi korban dan kerugian akibat bencana, maka diperlukan upaya bersama baik pemerintah/pemerintah daerah, dunia usaha maupun masyarakat dalam penanggulangan bencana baik pada saat pra bencana, pada saat terjadi bencana maupun pada pasca bencana.

Tanggung jawab pemerintah daerah dalam penyelenggara penanggulangan bencana sebagaimana yang diamanatkan dalam UU nomor 24 tahun 2007, meliputi:
Penjaminan pemenuhan hak masyarakat dan pengungsi yang terkena bencana sesuai dengan standar pelayanan minimum.
Perlindungan masyarakat dari dampak bencana.

Pengurangan resiko bencana dan pemaduan pengurangan resiko bencana dengan program pembangunan dan
Pengalokasian dana penanggulangan bencana dalam anggaran pendapat dan belanja daerah yang memadai.

Selanjutnya, jika tidak ada bencana, diperlukan untuk mempersiapkan diri, melatih diri, mempersiapkan bahan-bahan, memperbaiki atau merawat kendaraan-kendaraan atau peralatan kebencanaan lainnya dan selalu melakukan pengecekan terhadap jumlah dan kondisi logistik/persediaan pangan dan sandang yang tersedia serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait yakni TNI POLRI, dengan SKPD terkait maupun dengan relawan kemanusiaan dalam upaya membentuk aparatur penanggulangan bencana yang responsif, maka diperlukan pelatihan atau bimbingan teknis seperti yang dilaksanakan pada hari ini.

Plt. Kalak Purwadi menuturkan dalam penyelenggaraan bintek ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap serta kepekaan pribadi untuk dapat melaksanakan tugas penanggulangan bencana secara profesional. Kinerja birokrasi yang efisien dan efektif dengan system kelembagaan dan ketatalaksanaan pemerintahan yang profesional dan akuntabel pada gilirannya dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, sehingga apa yang menjadi visi misi kota cilegon tahun 2016-2021 akan dapat diwujudkan, (Madsari/Red).

Baca juga

Proyek Pembangunan Gedung BPBD Di Kebut

Seputarcilegon.com – Proyek Pembangunan Gedung BPBD di Lingkungan Kel-Sukmajaya Kec-Jombang yang di Biayai Oleh Anggaran …