Home / Banten / Cilegon Short Film Festival 2017 (CSFF), Reza Endang Pelopor Muda Dunia Per’film’an Banten Asal Kp. Cibaga

Cilegon Short Film Festival 2017 (CSFF), Reza Endang Pelopor Muda Dunia Per’film’an Banten Asal Kp. Cibaga

CILEGON, (cintaseputarcilegon.com) – Kampung Cibaga Desa Mangunreja Kecamatan Pulo Ampel Kabupaten Serang merupakan salah satu daerah industri yang cukup besar di Provinsi Banten, sehingga tidak salah apabila masyarakat nya hampir mayoritas adalah buruh atau karyawan pabrik. Termasuk anak-anak muda nya pun rata-rata berkeinginan untuk bisa bekerja di pabrik-pabrik terdekat. 

Namun beda hal nya dengan Reza Endang (25) atau lebih di kenal dengan nama Reza “Cimot”, yang kepala nya selalu gundul mengingatkan pada keluarga Cuplis di film boneka Si Unyil ini, dia justru lebih tertarik untuk berkarya seni di bidang perfilman. Seperti kita ketahui bersama, bahwa dunia perfilman bukanlah bidang yang gampang, dan tentu tidak murah.

“Saya memang anak kampung, dan banyak keterbatasan, tapi justru saya ingin membuktikan bahwa anak kampung dengan segala keterbatasan nya pun mampu berkarya dalam membuat film yang berkualitas, dan itu sudah saya buktikan dengan beberapa karya  film yang saya buat selama ini, seperti film saya yang terakhir THE SAMSURI WRONG WAY 2017. Memang film yang saya buat selama ini belum menghasilkan uang, karena memang bukan film komersil, tapi lebih kepada self-study, dan juga secara tidak langsung saya ingin mengajak temen – temen saya untuk berlatih bayak hal dalam bidang seni perfilman ini, karena baik lokasi, kru, pemain, dan tema nya pun masih seputar daerah (desa) saya sendiri..”

ujar nya saat seputarcilegon.com menemui nya di sela – sela syuting film pendek di lokasi Villa Ternak Cilegon kemarin (Minggu,13/08/2017).

Saat ini Reza lagi memproduksi film pendek berdurasi putar 10 menit, dengan tema “Ayuuk.. ke Cilegon” yang mengambil lokasi syuting di wilayah Cilegon. “Saya bersama tim, yang semuanya adalah temen – temen kampung saya, saat ini lagi membuat film pendek dengan tema mengenalkan tempat – tempat wisata di Cilegon. 

Dan rencana nya,  film ini nanti nya akan saya ikut kan ke CSFF 2017 (Cilegon Short Film Festival), persyaratan nya memang cukup banyak, tapi saya berusaha bisa optimal dan memenuhinya, walau semua serba terbatas..” kata Reza Cimot dengan nada yang penuh semangat.

Terkait dengan cerita Reza Cimot tadi, bahwa Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Cilegon memang sedang mengadakan lomba pembuatan film pendek yang bertemakan “AYO KE CILEGON”. 

Maksud dan tujuan lomba tersebut adalah selain sebagai wadah untuk mengapresiasi karya seni perfilman Cilegon, juga sebagai media untuk mengenalkan bahwa kota Cilegon selain di kenal sebagai kota industri atau lebih populer nya di kenal sebagai Kota Baja, juga ternyata memiliki tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi.

“Kenapa saya ambil lokasi utama untuk syuting film saya di Villa Ternak Cikerai milik mas Hari Bowo ini, karena bagi saya lokasi ini tergolong layak di promosikan sebagai alternatif tempat wisata, selain lokasi yang asri dan tidak jauh jaraknya dari pusat kota Cilegon, tempat ini juga memiliki keunggulan, yaitu sebagai wisata edukasi baik pertanian atau pun peternakan, cocok sekali untuk anak – anak dan keluarga.

“Menang atau kalah dalam lomba nanti, bagi saya bukanlah hal yang utama, yang terpenting bagi saya, dengan film ini saya bisa berkarya dan bisa bermanfaat untuk kota Cilegon pada khususnya dan propinsi Banten pada umumnya…” kata Reza Cimot saat mengakhiri syuting nya. Selain syuting di Villa Ternak Cikerai, rencana Reza Cimot dan kawan – kawan akan syuting juga di beberapa tempat, seperti tugu landmark nya kota Cilegon di Simpang Lima, gapura masuk kota Cilegon, dan pantai di Pulo Merak. (Farid/Red)

Baca juga

Pemkot Cilegon Ajukan Banding, Saat Putusan Sidang Kalah di PN Serang

CILEGON (CSC) – Pemerintah Kota Cilegon sepertinya belum mau menerima kemenangan warga Cikuasa Pantai dan …